Pages

Subscribe:

Labels

Kamis, April 23, 2009 Panduan Menulis Lamaran Kerja Secara Online

Melamar secara online tentu saja sedikit berbeda dengan melamar secara normal.
ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam tata cara yang efektif melamar via email.
1. Dalam mengirim lamaran via email, gunakan email pribadi anda, jangan menggunakan email kawan anda dalam melamar. Dimana Nama anda jelas tersebutkan disana lengkap dengan Gelarnya misal nama anda: ANDI GAYA, SE
2. Subject atau Judul email, harus Jelas, misalkan lamaran yang anda tuju adalah posisi "Administrasi" maka cukup tulis judul emailnya "Administrasi" (sesuai dengan Posisi yang anda inginkan)
3. isi Lamaran, isi dari email anda cukup menjelaskan hal2 pokok dari lamaran anda misalkan,
- sumber berita lamaran
- nama anda
- umur
- jenis sex
- pendidikan terakhir
- pengalaman kerja anda
- posisi yang anda lamar
- nomor telepon yang bisa dihubungi
jangan terlalu panjang dalam menulis lamaran anda, gunkaan kata2 yang sopan, yang penting jelas dan efektif, lamaran yang isinya panjang membuat bosan sang pembaca, dan menganggap anda sangat bertele-tele. Dan jika persyaratan posisi tersebut harus bisa bahasa Inggris walaupun pasif, Gunakan isi lamaran anda dalam bahasa Inggris juga. Ini akan memberi kesan bahwa anda tidak katrok-katrok amat.
4. cc : jangan sampai anda men cc lamaran anda ke kawan2 anda yang lain atau cc ke email milis: tidak sopan
5. Attachment: maksimal attachment anda usahakan ukuranya dibawah 100Kb sd 200Kb, saya pernah menerima email lamaran dengan attachment sampai dengan 12 Mb, attachment yang terlalu gemuk membuat pembaca malas membukanya. Kumpulkan semua file anda misal: Surat Lamaran, CV, Foto, Sertifikat dll, dalam 1 file dan usahakan formatnya adalah .doc (Gunakan Versi Ms Office yang umum dipakai saja misal versi 2003, pemakaian versi Ms Office 2007 mengakibtakan file anda tidak bisa dibuka oleh Versi yang lebih rendah)
6. Jika anda melamar, Jangan sekali-kali membuat kontak dengan sang pembaca, baik melewati Yahoo Messenger ataupun mengemail dengan menayakan perkembangan Lamaran anda. Biarkan Pembaca email anda yang memutuskan, Kontak langsung dengan Pembaca akan menimbulkan persepsi bahwa anda orang yang tidak sabar.
7. ketika email sudah anda kirimkan, tunggulah dan pastikan hp dan telp anda aktif, ketika berdering cepatlah diangkat, jika terdapat miscall coba call balik, biasanya pemberi kerja ingin melihat keseriusan anda dalam berkerja, jika anda mengabaikan miscall berarti jangan harap anda akan di call kembali.
8. Ketika anda dipanggil untuk interview, usahakan datang sebelum waktu yang di tetapkan, dan bawalah semua berkas lamaran anda seperti halnya anda melamar seperti normalnya.
SEMOGA BERHASIL