Pages

Subscribe:

Labels

Tips sederhana untuk mengetahui seberapa berhasil blog kita

Sudah satu minggu blog ini tidak saya update karena keterbatasan waktu online saya. Namun, Pada kesempatan yang singkat ini, saya ingin berbagi tips sederhana yang insya Allah berguna untuk mengukur seberapa sukses kita menjalankan sebuah kegiatan bloging. Mulai dari posting rutin, komentar rutin, bahkan sampai juga mengunjungi social bookmark secara rutin. Dan pertanyaannya apakah dengan berbagai usaha kita mengelola blog kita seperti diatas, apakah blog kita sudah bisa dibilang sukses (sukses karena telah berhasil meraih rupiah dan dollar, sukses karena telah disukai pembaca dan sering dikunjungi)?

Bagi blogger baru alias pemula yang kebetulan baru belajar seo, yang baru membuat blog, tentu menginginkan blognya cepat terkenal. Karena itu banyak usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan itu. Tapi sayang “yah namanya baru lahir moso’ mo pandei jalan, yah mesti merangkak dulu” benar nggak? Seperti blog ini. Yang sudah berumur satu bulan masih sepi-sepi aja :) .

Sebagai Blog baru, tentu kita tidak mungkin bisa memiliki posting yang bejibun misal 100 posting dalam waktu 1 minggu. Karena blog baru juga memiliki kewajiban tersendiri, misalnya mesti pasang plugin-plug-in wajib seperti All-SEO-pack, otak atik template, atau mungkin setting-setting adsense. Sehingga banyak waktu terkuras percuma. Tapi untuk mengukur adakah tanda-tanda berhasil atau tidak bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti berikut:

Karena blog kita masih baru, coba kita tes pada 10 posting pertama. Dengan 10 posting pertama tersebut, apasaja yang sudah kita peroleh.

1. berapa jumlah komentar yang masuk?

Mungkin kebanyakan orang sudah mengerti dengan beberapa pertanyaan diatas. Tapi hanya sedikit diatara mereka yang mampu mengartikan dan kemudian memanfaatkannya. Sebagai contoh, berapa komentar yang masuk pada suatu posting? Apa bila pembaca blog, dengan sukarela berkomentar setelah membaca tulisan kita, maka itu artinya posting kita berhasil menyampaikan isi yang ingin disampaikan dan mengundang emosi pembaca untuk mengeluarkan pendapatnya. Seperti tulisan ini, saya yakin anda akan berkomentar setelah anda membaca tulisan ini :) . asal jangan pakai keyword kontes ada pada nicknamenya karena ini sama juga dengan mempertaruhkan harga diri.

2. Berapa banyak orang yang menglink posting kita?

Apabila kita berhasil menulis suatu posting yang bagus, dalam arti bermanfaat dan berguna bagi pembaca, maka pembaca akan dengan senang hati akan me-link back ke posting kita. Dan jika tidak, maka perlu dikoreksi tulisan kita. Apakah nilainya bagus, biasa-biasa saja, atau malah buruk. Untuk itu anda perlu menulis tulisan yang bagus. Kecuali bila postingan anda sudah bagus dan tidak ada yang ngelink, mungkin belum ada pembaca. Karena itu promosikan blog anda.

3. Berapa banyak posting dibaca?

Banyak sedikitnya postingan kita dibaca, tergantung seberapa banyak orang mengetahui blog kita. Setelah itu menarik atau tidak kah judul dari posting-posting yang ada. Jika judulnya menarik, misalnya judul posting ini, maka mereka akan mencoba membacanya. Tapi jika tidak, pengunjung akan menekan tombol X (baca : tombol bahaya) atau keluar. Dan postingan anda tidak lagi di baca.

Apabila si pengunjung baru ini kagum dengan tulisan-tulisan terbaik anda, maka ia akan membuka postingan – postingan yang lain, dan begitu seterusnya. Dan jika mereka merasa senang,mereka akan dengan sukarela berkomentar, mereka akan kembali lagi pada lain waktu sesuai dengan konsep perolehan traffik. Bahkan mereka juga akan merelakan untuk mengetik email mereka agar dikirimi artikel saat artikel terbaru terbit. Dan anda dapat mendaftarkan email anda pada akhir posting ini :) .

Setelah tips dari pertanyaan – pertanyaan ini anda terapkan, anda akan tahu berapa hasilnya yang telah anda peroleh. Apakah blog anda sudah mengalami kemajuan, ataukah tidak. Jika tidak, koreksi lagi kekeliruan anda. dan jika sudah berhasil selamat bloging aja semoga bermanfaat:).
Kata kunci terkait artikel ini:cara mengetahui berapa banyak pengunjung blog, cara mengetahui pembaca blog, cara memasang berapa banyak orang yang sudah melihat blog kita, cara mengetahui yang melihat blog, cara mengetahui yang telah mengunjungi blog, cara mengetahui blog kita dikunjungi google, cara mengetahui banyak orang yang membuka blog kita, bagaimana kita tau pasangan kita udah yakin dengan kita, cara mengetahui postingan yang sering di kunjungi di blog kita, cara melihat berapa banyak artikel kita dilihat orang, cara melihat berapa banyak orang yang mengunjungi blog kita, cara melihat siapa yang masuk ke blog kita, cara mengetahui jika ada komentar baru di blog, cara mengetahui siapa saja yang mengunjungi blog kita, cara mengetahui siapa yang melihat blog kita, cara mengetahui siapa yang membaca blog kita, cara mengetahui siapa saja yang online di blog saya, cara mengetahui sudah berapa yang mengunjungi blog, cara untuk lihat orang yg masuk ke blog kita, melihat siapa saja yang melihat blog kita, cara mengetahui yang melihat blog kita, cara mengetahui siapa yang online di blog kita, CARA MENGETAUI ORANG YANG MASUK BLOG KITA, cara mengunjungi blog orang, cara tau berapa yang mengunjungi blog