Pages

Subscribe:

Labels

Mengapa Investasi Emas?

1810434693p



Bila dibandingkan dengan Investasi Dalam instrumen Saham, Obligasi, atau deposito, Investasi emas memang Investasi tak terukur. Bayangkan saja dalam investasi saham ada hitungan Deviden, Obligasi ada hitungan tingkat bunga tetapi dalam investasi emas hal itu tidak ada. Namun kelebihan emas adalah Investasi yang sangat mudah, tidak njlimet dan telah terbukti kokoh sejak jaman dahulu kala.


Emas memiliki korelasi terbalik dengan Investasi dalam surat berharga seperti Saham, Obligasi atau mata uang suatu negara. Ini disebabkan karena emas merupakan benda yang dianggap sebagai hedging atau penangkal Inflasi. Korelasinya begini Jika harga saham anjlok maka para investor mencari alternatif investasi ke emas hal ini menyebabkan permintaan akan emas naik sehingga harga pun merangkak. Jika bunga deposito turun para deposan pasti akan mencari investasi alternatif kalau tidak membeli saham ya ke emas namun jika pada saat itu saham juga jeblok maka investor akan memburu emas.


DinarNew


Kenapa harga Emas Selalu Naik?


Kalau kita perhatikan, dalam jangka panjang harga emas selalu naik mengapa? Karena harga emas di dunia ini stok nya terbatas sedangkan permintaan akan emas berangsur-angsur naik misalnya untuk perhiasan, investasi atau Industri ini masuk akal karena jumlah populasi manusia setiap detik bertambah. Yang kedua, untuk mendapatkan emas dari perut bumi memerluka biaya yang tidak sedikit. kedua faktor inilah yang sangat pokok sebagai pemicu naiknya harga emas.


Disamping kedua hal tersebut, kondisi perekonomian juga dapat mempengaruhi naiknya harga emas. Jika mata uang mengalami penurunan nilai katakanlah dollar maka para investor akan mencari alternatif untuk menyelamatkan uangnya dengan cara membeli emas karena emas dianggap tidak terkena inflasi, ini wajar karena mata uang di cetak kapan saja, jika uang dicetak sehingga uang beredar akan bertambah hal ini akan menyebabkan harga-harga naik dan emaspun akan terdongkrak naik karena emas juga termasuk komoditas.


Keputusan Investasi ada ditangan Anda.