Pages

Subscribe:

Labels

Penjelasan LAPAN Mengenai Fenomena 4 Matahari Di Cina

Fenomena munculnya 4 matahari di cina bukan fenomena luar biasa, walaupun memang langka terjadi, setidaknya bagi saya yang baru tahu tentang ini pertama kalinya. 4 Matahari Cina yang kemudian menjadi berita cukup heboh di sejumlah situs jejaring sosial dan katanya juga jadi pembicaraan hangat di BBM, ada juga yang menghubungkannya dengan tanda kiamat. Wuih jauh bener kesimpulannya. Setelah baca sejumlah berita tentang ini, kemudian saya browsing untuk mencari tahu lebih jauh, dan menemukan jawabannya.



4 Matahari Cina

4 Matahari Cina


Ternyata kemunculan matahari lebih dari satu, yang terjadi di Cina, hanyalah fenomena biasa. Dan di jawab langsung oleh LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), jika anda tertarik maka inilah penjelasan resmi dari mereka, agar tidak salah persepsi nantinya:


“Fenomena itu dinamakan sun dog atau anjing penjaga matahari. Cahaya tersebut biasa muncul di kanan kiri halo sehingga sering dianggap matahari meskipun memiliki ukuran lebih kecil”. Sumber: Inilah.Com


Rupanya ada penamaan untuk fenomena yang jadi buah bibir ini, yakni sun dog – anjing penjaga matahari. Secara logika, jika sesuatu punya nama, berarti ia pernah terjadi sebelumnya dan lebih dari satu kali, begitupun 4 matahari Cina. Berarti sebelumnya penah ada kejadian atau laporan kemunculan lebih dari satu matahari.


Sekarang pertanyaannya apa yang menyebabkan terjadinya fenomena ganjil ini, baca keterangan LAPAN berikut, ini:


“Ketentuannya, di sekitar arah matahari muncul kristal-kristal es yang membiaskan cahaya. Biasanya, terjadi dua fenomena yaitu halo dan sun dog.”


Jadi fenomena ganji munculnya 4 matahari di Cina adalah hasil pembiasan cahaya matahari di es kristal.


Ini videonya jika mau menyaksikan: